Pertanyaan Interview Kerja Yang Sering Ditanyakan

Untuk kamu yang belum pernah Interview Kerja sebelumnya, pasti kebingungan pertanyaan apa sih yang akan ditanyakan oleh HRD? Berapa banyak pertanyaan yang akan ditanyakan? Gimana cara menjawab pertanyaan nantinya? Beruntung sekali kamu ketemu artikel ini. Saya akan membahasnya untuk kamu. Saya mulai dari pertanyaan yang mudah dijawab dulu, berapa banyak pertanyaan yang ditanyakan HRD dalam Interview Kerja? Jawabannya adalah tidak ada patokan yang baku.

HRD bisa saja hanya bertanya 1 (satu) pertanyaan, bisa juga lebih dari 10 pertanyaan. Semakin HRD tertarik dan ingin menggali lebih banyak tentang diri kamu, maka HRD akan bertanya lebih banyak. Kalau begitu jika HRD hanya bertanya sedikit pertanyaan? Apakah sudah bisa disimpulkan bahwa HRD tidak tertarik? Jawabannya, No! Bisa saja interview itu memang bertujuan untuk mengkonfirmasi data, jadi tidak banyak digali pada kesempatan interview tersebut.

Ada banyak kemungkinan alasan, kenapa interview kerjanya begini atau begitu, jadi saran saya daripada kamu memikirkan berapa banyak pertanyaan yang akan ditanyakan, lebih baik fokus pada mencari tahu sebanyak mungkin informasi mengenai pertanyaan-pertanyaan apa yang sering ditanyakan pada sesi Interview Kerja dan mempelajari bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut.

PERKENALKAN DIRI ANDA

Ini adalah pertanyaan yang akan selalu muncul, khususnya di awal interview kerja. Sepertinya sederhana kan? Apakah cukup kita jawab dengan “Saya Teddy, Laki-laki 28 tahun, Lulusan S1 Teknik Informatika, Universitas Bumi Langit”? Jawaban barusan tidak salah, tapi untuk konteks Interview Kerja, jawaban tersebut terlalu ringkas. Ada beberapa hal yang perlu ditambahkan ketika memperkenalkan diri agar HRD bisa mengenal PENCAPAIAN, PENGALAMAN dan KEMAMPUAN kamu. 3 (tiga) kata kunci saya ulangi PENCAPAIAN, PENGALAMAN dan KEMAMPUAN, tambahkan ketiga hal tersebut ketika menceritakan pengalaman.

CERITAKAN PENGALAMAN KAMU

Aneh ya? Kalau belum pernah kerja, kenapa ditanyakan pengalaman? Kan baru lulus! Disini letak kesalahan banyak orang saat interview kerja. Ketika HRD bertanya pengalaman, maksudnya tidak hanya terbatas pada pengalaman kerja saja, tapi pengalaman lain yang kamu miliki selama sekolah/kuliah. Misalnya pengalaman Organisasi, Part Time, Magang, Freelance dsb.

Ceritakan dengan detail pengalaman yang ingin kamu tonjolkan, terlebih jika pengalaman tersebut punya kaitan atau mirip dengan yang akan kamu lakukan sebagai jobdes dipekerjaan. Misalnya pengalaman menjadi Bendahara atau Sekretaris di Organisasi akan sangat relate dengan pekerjaan sebagai Administrasi.

BERAPA GAJI YANG KAMU MINTA?

Pertanyaan yang tidak akan dilewatkan oleh HRD, karena mereka perlu tahu berapa ekspektasi kamu untuk dibayar oleh perusahaan. Tiap perusahaan punya anggaran yang berbeda untuk tiap posisi dan level di perusahaan masing-masing. Maka tugas kamu adalah menjawab dengan spesifik berapa angka yang kamu inginkan. Jika kamu baru lulus dan belum berpengalaman, maka patokan untuk menentukan gaji yang kamu inginkan bisa dari hasil riset gaji rata-rata untuk posisi yang kamu sedang lamar. Jika kamu berpengalaman, maka patokan angka gaji yang terbaik adalah dari angka gaji sebelumnya. Usahakan minta gaji lebih tinggi dari sebelumnya tergantung dari pengalaman, pencapaian dan skill yang kamu miliki.

Itulah 3 (tiga) pertanyaan yang akan sering ditanyakan pada saat Interview Kerja. Pastikan persiapkan dengan baik sebelum menghadiri Interview agar kamu tidak kesulitan ketika berhadapan langsung dengan HRD. Semoga sukses interviewnya ya!

Untuk belajar lebih dari 100 (seratus) pertanyaan beserta jawaban Interview Kerja, kamu bisa pelajari dengan klik disini.

Kembali ke Atas